Menuju Kampung Kahuripan Jaya Sehat,Higienis dan Sejahterah.

Kahuripan Jaya, 20 November 2017. PAMSIMAS menggelar acara sosialisasi para kader dalam Penggerakan Penyedian air minum dan Sanitasi berbasis masyarakat di Kampung Kahuripan Jaya,kecamatan Banjar Baru,Kabupaten Tulang Bawang,senin (20/11/2017). Kesahatan merupakan faktor utama keadaan kondisi badan,jiwa,dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sehat. keadaan sehat tubuh manusia dapat meningkatkan kegiatan segala aktivitas.kesehatan berawal dari pola-pola kebiasaan manusia dan lingkungan sekitar atau pun lingkungan pribadinya.Bilamana lingkungan pribadi dalam kondisi baik dan Higienis maka dipastikan kondisi tubuh akan selalu sehat. Akan tetapi sebagaian dari masyarakat tidak sepenuh ya dapat dikatakan memiliki kondisi lingkungan yang baik dan higinis.seperti sanitasi pembuangan tinja (JAMBAN). sanitasi ini merupakan faktor Indikator terpenting yang menjadi permasalahan pada masyarakat saat ini. sektor ini sangat berperan aktif dalam meningkatkan derajat kondisi lingkungan yang sehat,dengan adaya sanitasi yang baik dan higinis maka dapat mencegah berbagai penyakit menular. Program kesehatan yang diwacanakan dalam bentuk PAMSIMAS dari tim puskesmas banjar baru yang berkerja sama dengan kecamatan banjar baru dalam program tahun 2018.direncanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di setiap kampung.program perbaikan sanitasi pembungan tinja (JAMBAN),merupakan prioritas dalam cita-cita menuju indonesia sehat. Tim puskesmas yang terdiri dari 3 angota melakukan sosialisa terhadap warga masyrakat yang diwakili oleh para perangkat desa,yang terdiri dari RT,RW,Ibu penggerak PAMSIMAS dan kepala kampung di kampung kahuripan jaya.
Tim puskesmas memberikan materi penyampaian sosialisai terhadap program PAMSIMAS kepada para kader penggerak kampung,yang mana nantinya para penggerak kader akan melakukan langkah-langkah sosialisa dan pemetaan terhadap sanitasi pembuangan tinja (jamban) di masyarakat.

Tim PAMSIMAS memberikan penjelasan terhadap menjaga pentingnya lingkungan masyarakat.(by photo kahuripan jaya)

 

Salah satu tim pamsimas Rizki amalisa, Skm memberikan arahan dan penjelasan terhadap peserta tim penggerak.(by photo kahuripan jaya)

Didalam penyampaian panduan simulasi pemicuan perubahaan perilaku tim puskesmas yang harus dilakukan oleh tim penggerak :
A. Persiapan simulasi
1.perserta dibagi menjadi 2 kelompok.kelompok pemeran simulasi dan kelompok proses simulasi.
2.meminta kelompok berperan melakukan simulasi pengorganisasi .
3.meminta kelompok berperan pengamat proses simulasi .
4.gunakan tanda pengenal .

B. pelaksanan simulasi
1.perkenalan tim pemicu
2.sampaikan tujuan kedatangan tim
• untuk belajar tentang kebiasan masyasrakat
• tim akan banyak bertanya
• kedatangan tim bukan untuk memberikan bantuan

C. lakukan pencairan suasana
1. tujuan terciptaya suasana akrab antara fasilitator dan masyrakat
2.lakukan pencairan dengan permainan

D. lakukan identifikasi penggunaan jamban atau cakpan sanitasi
1.disepakati bersama tentang penggunaan kata “BAB” dan kotoran manusia
2.ajukan berbagai tanya jawab antar fasilitator dan masyrakat

E. lakukan Mapping
perserta melakukan pemetaan terhadap kondisi masyarakat

F. lakukan transcek walk
melakukan pengamatan terhadap lingkungan warga setiap rumah yang dapat dikatagorikan tergolong kurang     dalam hal sanitasi

G. lakukan menghitungan volume tinja
menghitung volume tinja terhadap frekuensi jumlah warga tersebut dan beberapa jumlah warga yang masih bab   disembarang tempata

H. lakukan pendalaman oral kontaminasi.
Ajukan pertanyaan kepada warga : mungkinkah tinja yang dikeluarkan sembarang tempat dapat masuk ke mulut kita? Jika iya mungkin lewat mana dan apa saja?

I. Lakuakan simulasi air yang terkontaminasi (alternative 1)
1.Persiapkan lah berbagai bahan untuk simulasi :
i. Mempersiapkan 2 gelas air mineral
ii. Meminta salah satu peserta untuk minum air tersebut dengan kemasan bersegel
iii. Melakukan simulasi dengan sehelai rambut yang kemudian ditempelkan ke tinja kemudian dimasukan keair mineral,
iv. Meminta peserta untuk meminum air tersebut serta memberikan pertanyaan : KENAPA TIDAK ADA YANG BERRANI MINUM?
v. Memberikan penjelasan bahwa air minum dari rumah,makan yang kita makan sama tercermari seperti air tadi jika kita masih bab sembarangan.

J. Lakukan simulasi air yang terkontaminasi (alternative 2)
1.Siapkan 1 ember air dari sumur milik warga:
i. Minta salah satu warga untuk mencuci muka dengan air tersebut
ii. Minta lah sehelai rambut kepada perserta kemudian dimasukan keair tersebut untuk mencuci muka.
iii. Mintalah peserta untuk mencuci muka dengan air yang dicelupkan sehelai rambut yang sudah diletakan ke  tinja.minta lah juga peseserta untuk mencuci muka.
iv. Ajukan pertanyaan: kenapa tidak yang ada berani melakukan
v. Memberikan penjelasan bahwa air minum dari rumah,makan yang kita makan sama tercermari seperti air tadi jika kita masih bab sembarangan.
vi. Memberikan penjelasan bahwa air minum dari rumah,makan yang kita makan sama tercermari seperti air tadi jika kita masih bab sembarangan.

Puncak pemicu ,ajukan berbagai pertanyaan tambahaan dalam berbagai dampak dari adaya tinja yang berada dalam kondisi sembarang tempat.serta pemeran pengamatan dalam simulasi.beberapa langkah tahap-tahap dalam penjelasan terhadap simulasi tim PAMSIMAS. untuk pameran pengamatan simulasi melakukan kegiatan proses simulasi yang dilakukan oleh tim penggerak.melakukan bahan pengamatan proses simulasi,jawab dan diskusikan pada kelompok.kemudian paparkan hasil pengamatan proses simulasi dan lakukan diskusi pleno.

KeseriusanTim peserta penggerak PAMSIMAS yang terdiri perwakilan masyarakat,RT,RW,dan ibu tim penggerak,dalam pengarahan dari tim pamsimas.(by photo kahuripan jaya)
Antusias warga masyarakat dalam memperhatikan penjelasan dan arahan dari tim pamsimas.(By Photo Kahuripan Jaya)

program ini sangat membantu dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan,dalam hal lingkungan kebersihaan,serta masyrakat sangat antusias dalam menerima program PAMSIMAS yang digerakkan oleh tim PAMSIMAS.” Ungkapan kepala kampung kahuripan jaya.

masyarakat sangat mendukung dan merasa senang apabila kesehatan benar benar didukung dan diperihatikan oleh pemerintah dan masyarakat akan berusaha untuk meningkatkan kualitas kesehatan”ungkapan salah satu warga yang dikunjungi oleh tim PAMSIMAS.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan