Temu Ramah Dalam Musyawarah Dusun Dalam Rangka Pengutaraan Permasalahan Warga

Kahuripanjaya.desa.id. Temu ramah dalam musyawarah yang dilaksanakan pada siang tadi Sabtu pukul 14:00 WIB. Pemerintahan Aparatur Kampung Kahuripan Jaya,mengadakan musyawarah dusun yang dilakukan di dusun 5 diselenggarakan disalah satu ruangan aula sekolah,di hadiri Bapak Seketaris Desa,perwakilan BPK,Bapak RK,Bapak RT,tokoh masyarakat,pemuda,tokoh agama serta warga setempat. Pertemuan yang diselenggarakan aparatur kampung untuk menindak lanjuti segala hal tentang masalah yang dihadapi oleh masyarakat.musyawarah dusun aparatur kampung mengharapkan gagasan atau pun usulan masyarakat yang kemudian dikelolah oleh tim pengelola desa yang akan diangkat dimuserbang.
Musywarah yang di laksanakan di dusun 5 yang diawali dengan pembukaan acara yang disampaikan oleh Bapak NURNGAINI sebagai aparatur RK yang pertama:
a) Pembukaan
b) Penjelasaan arti dari musawarah dusun atau musdus yang disampaikan oleh BPK.
c) Pengarahan dari bapak seketaris desa.
d) Pengumpulan dan penyusunan beberapa usulan usulan warga.
e) penutup

Bapak nurngaini RK (kiri),Bapak Sigit BPK(kanan),memberikan sambutan pembukaan musdus.(doc,photo by sideka)

Sambutan pertama yang disampaikan oleh salah satu tim BPK Bapak Sigit Florianto mengharapkan munculnya sebuah gagasan usulan permasalahaan warga dusun 5 yang menjadi prioritas utama, gagasan permasalahaan meliputi bidang fisik maupun non fisik. Dibidang fisik seperti: pembangunan pengerasaan jalan (ordelah),pengaspalan lapen atau holmix, pembuatan gorong-gorong, perbaikan gardu, pembangunan talut,pembangunan aula pertemuan dusun dan pembangunan lainya yang bersifat fisik. Sedangkan pembangunan bersifat non fisik dapat berupa: perbaikan tentang kesehatan,pendidikan,organisai kepemudaan,keagamaan,pertanian,dan keagamaan.akan tetapi didalam proses pembangunan kemungkinan tidak semua akan terrelasasikan dalam waktu dekat akan tetapi dipilih secara prioritas utama dalam pembangunanya bertahap sesuai dengan kemampuan pemerintahaan Kampung Kahuripan Jaya.

Bapak Sigit Florianto BPK memberikan arahan tentang usulan musdus.(Dok.photo by sideka)

Pengarahan dari Bapak Seketaris Desa musyawarah Dusun ini diharapkan memunculkan beberapa usulan yang menjadi pokok permasalahan di sekitar Dusun yang menyangkut tentang kebutuhan dan penujang aktivitas. Musdus ini bertujuan melakukan penggalian gagasan,pemetaan sosial,membuat kalender musiman dan mengidentifikasi pokok permasalahan warga.hasil nantinya musyawarah dusun akan disusun menjadi bahan penentuan skala prioritas pada saat Musrenbangkam.hasil Musrenbangkam akan dijadikan bahan dalam rangka penyusunan RPJMkam.didalam penyusunan RPJMkam dan RkPkam mengaju kepada perundang-undangan yang berlaku dan disesuai kan dengan kemampuan kampung, serta penentuan skala prioritas mengacu pada peraturan Menteri Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Republik Indonesia nomer 19 tahun 2017 tentang penetapan prioritas penggunaan Dana Desa.”usulan usulan warga merupakan kebutuhan yang harus diprioritaskan,dengan adanya musyawarah dusun ini semoga kemakmuran warga kahuripan jaya dapat dirasakan “ ungkapan optimis Bapak Seketaris Desa.

Pengarahan dan arahan tujuan musdus yang disampaikan oleh Bapak seketaris desa.(Dok.photo by sideka)
Salah satu warga mengusulkan sesuatu gagasan permasalahan dusun.(Dok,Photo by Tim kreatif Kristian dc)
Optimisme salah satu warga dalam penyampaian pokok permaslahan.(Dok,Photo by sideka)

Berbagai usulan yang diselenggarakan musyawarah dusun 5 warga mengusulkan berbagai pembangunan nyaitu: pembangunan talut,gorong-gorong,tiang lampu,pos ronda(gardu),gapura makam,onderlah,lapen jalan 2 dusun 5,Talut 800 m(gereja keselatan),pembenahaan jalan produktif,peralatan makam dan alat keseniaan (hadroh). “Nantinya usulan usulan ini diharapkan dapat terrelasasikan demi kesejahteraan dan kenyamanan setiap warga dan tidak lupa mari bersama-sama menjaga dan merawat pembangunan demi kelancaran aktivitas kebutuhan utama” pernyataan antusias Bapak Nurngaini sebagai kepala RK Dusun 5.

Antusias warga dalam forum temu ramah dalam musyawarah dusun yang dilaksanakan di dusun RK 5.(Dok,photo by sideka)

Sebagai penutup Bapak Seketaris Desa menghimbau kepada aparatur yang bersinggungan langsung dengan masyarakat khususnya aparatur RT dan RK,untuk berperan lebih aktif dan koorperatif dalam mengayomi dan mengarahkan setiap lingkungannya. Seperti pemeliharaan pembangunan yang sudah terrelasasikan,melakukan patroli keliling terhadap kebersihan,mengajak gotong royong lingkungan dan tanggap terhadap permasalahan yang muncul antar warga. Apabila aparatur merasa tidak siap menjalankan perannya maka secara hormat untuk mengundurkan diri demi kemajuaan Kampung Kahuripan Jaya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan