Rutinan lapanan Dzikir manakipan Di Pondok Pesantren Salafiah Darrussalamah

Tokoh masyarakat,tokoh agama dan sesupuh kampung antusias mengikuti dhizkir manakip.(Dok.fhoto by sideka)

kahuripanjaya.desa.id. Minggu malam senin (PON),tanggal 3 Desember 2017. Pondok Pesantren Salafiah Darussalamah yang berlokasi dilingkungan pemerintahan kampung Kahuripan Jaya,Kecamatan Banjar Baru,Kabupaten Tulang Bawang,lampung. mengadakan acara pengajian rutin setiap 5 minggu sekali,acara dzikir manakipan ini di Imami oleh Kyai Ahmad Syamsudin serta dihadiri oleh aparatur desa dari BPK,RK,RT,Tokoh masyarakat,pemuda,ibu pengajian dan jamaah manakipan.selain itu juga acara ini dihadiri beberapa warga dari Jaya Makmur,Pancakarsa Purna Jaya, dan warga sekitar Kahuripan Jaya.
kegiatan yang rutin dilaksanakan dipondok pesantren merupakan kegiatan yang memiliki salah satu faedah dan tujuan manfaat yang sangat bermanfaat,selain berzhikir kegiatan ini sangat memupuk rasa tali bersaudaraan dan silahturohmi antar warga masyarat sekitar.selain sarana kegiatan berzhikir salah satu warga Bapak Sunaji memiliki hajat aqiqah mendoa kan anakya supanya putrinya menjadi anak yang soleh,berbakti,berguna bagi bangsa dan agama…

kyai Ahmad Syamsudin memberikan mukadimah makna dari dzhikir manakipan.(Dok.fhoto by sideka)

Dzikir manakipan merupakaan kegiatan acara mengenang sejarah Syeikh Abdul Qodir Jailani.Dari sini dapat kita pahami bahwa membaca manaqib Syaikh Abdul Qadir Jilani itu sangat baik. Karena akan menambah kecintaan kita kepada beliau, yang notebenenya adalah salah seorang wali Allah, bahkan beliau disemati gelar sebagai sulthan al-awliya` atau pemimpin para wali.

ﺍِﻋْﻠَﻢْ ﻳَﻨْﺒَﻐِﻲ ﻟِﻜُﻞِّ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ ﻃَﺎﻟِﺐِ ﺍﻟْﻔَﻀْﻞِ ﻭَﺍﻟْﺨَﻴْﺮَﺍﺕِ ﺃَﻥْ ﻳَﻠْﺘَﻤِﺲَ ﺍﻟْﺒَﺮَﻛَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟﻨَّﻔَﺤَﺎﺕِ ﻭَﺍﺳْﺘِﺠَﺎﺑَﺔَ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀِ ﻭَﻧُﺰُﻭْﻝِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﺎﺕِ ﻓِﻲْ ﺣَﻀَﺮَﺍﺕِ ﺍْﻷَﻭْﻟِﻴَﺂﺀِ ﻓِﻲْ ﻣَﺠَﺎﻟِﺴِﻬِﻢْ ﻭَﺟَﻤْﻌِﻬِﻢْ ﺃَﺣْﻴَﺎﺀً ﻭَﺃَﻣْﻮَﺍﺗًﺎ ﻭَﻋِﻨْﺪَ ﻗُﺒُﻮْﺭِﻫِﻢْ ﻭَﺣَﺎﻝَ ﺫِﻛْﺮِﻫِﻢْ ﻭَﻋِﻨْﺪَ ﻛَﺜْﺮَﺓِ ﺍﻟْﺠُﻤُﻮْﻉِ ﻓِﻲْ ﺯِﻳَﺎﺭَﺍﺗِﻬِﻢْ ﻭَﻋِﻨْﺪَ ﻣُﺬَﺍﻛَﺮَﺍﺕِ ﻓَﻀْﻠِﻬِﻢْ ﻭَﻧَﺸْﺮِ ﻣَﻨَﺎﻗِﺒِﻬِﻢْ

“Ketahuilah! Seyogyanya bagi setiap muslim yang mencari keutamaan dan kebaikan, agar ia mencari berkah dan anugrah, terkabulnya doa dan turunnya rahmat di depan para wali, di majelis-majelis dan kumpulan mereka, baik yang masih hidup ataupun sudah mati, di kuburan mereka, ketika mengingat mereka, dan ketika banyak orang berkumpul dalam berziarah kepada mereka, serta ketika mengingat keutamaan mereka, dan pembacaan riwayat hidup mereka”. (Alawi al-Haddad, Mishbah al-Anam wa Jala` azh-Zhulam , Istanbul-Maktabah al-Haqiqah, 1992 M, h. 90)

Tokoh masyarakat,tokoh agama dan sesupuh kampung antusias mengikuti dhizkir manakip.(Dok.fhoto by sideka)
Para santri dengan antusias mengikuti dhzikir manakip.(Dok.fhoto by tim kreatif sideka)

Dzikir berarti ingat, zikrullah selalu mengingat Allah SWT atas kebesaran dan keagungannya. berdzikir merupakan amalan istimewa yang dilaksanakan oleh baginda Rosulullah SAW dan para sahabatnya.
lafadz dzikir kepada Allah banyak sekali macamnya,tetapi selain mengucapkan di mulut hendaklah memahami dan merenungi makna yang terkandung di dalamnya dengan perasaan yang khusyuk dan bersungguh-sungguh dengan perasaan cinta yang mendalam kepada Allah swt.

Jamaah ibu-ibu sangat antusias mengikuti dhzikir manakip.(Dok.fotho sedeka)

kyaik ahmad syamsudin selaku imam dhzikir manakip memamparkan bahwa dhizikir ini sangat banyak sekali manfaat terutama obat segala obat khususnya ketenangan hati.
manfaat dari berdzikir kepada Allah diantaranya :
1. Menghilangkan rasa sedih,dan gelisah dari hati manusia.
2. Membahagiakan dan melapangkan hati.
3. Menguatkan hati dan badan.
4. Menyinari wajah dan hati.
5. Membuka lahan rezeki.
6. Menghiasi orang yang berdzikir dengan pakaian kewibawaan, disenangi dan dicintai manusia
7. Melahirkan kecintaan.
8. Mengangkat manusia ke maqam ihsan.
9. Melahirkan inabah, ingin kembali kepada Allah.
10. Orang yang berdzikir dekat dengan Allah.
11. Pembuka semua pintu ilmu.
12. Membantu seseorang merasakan kebesaran Allah.
13. Menjadikan seorang hamba disebut disisi Allah.
14. Menghidupkan hati.
15. Menjadi makanan hati dan ruh.
16. Membersihkan hati dari kotoran.
17. Membersihkan dosa.
18. Membuat jiwa dekat dengan Allah.

kesemangatan dhzikir manakip warga.(Dok.fhoto by kristian dc)

dhzikir manakipan memberikan maanfaat dalam ketenangan hati,kenyamanan hati dan mengisi waktu untuk ibadah,selain ibadah sarana ini menjadikan tali silahturohmi dan tali bersaudaraan antar warga menjadi erat dan rukun” salah satu ungkapan warga Bapak joko prayetno…

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan