Silahturohmi Dalam Rangka Pengukuhaan dan Perencanaan Kegiatan Pemuda Ansor 2018

kahuripanjaya.desa.id. Sabtu malam tanggal 09 Desember 2017,Pukul 19:30 WIB. Silahturohmi yang diselenggarakan oleh sahabat Ansor yang diadakan di salah satu tempat mushola ali mustofa merupakan kegiatan dalam rangka pengukuhaan keanggotaan Ansor serta pembahasan agenda kegiataan rutin dalam lingkup organisasi Ansor. Silahturohmi ini dihadiri oleh anggota BPK,aparatur kampung RK/RT,Para tokoh keagamaan,tokoh pemuda,ketua ansor kahuripan jaya,dan para anggota ansor.

 

ketua Ansor (batik merah) kahuripan Jaya Bapak Joko Prayetno memberikan arahan dan tujuan dari organisasi ansor.(foto/sideka)

penyampaian ketua panitia sangat berterima kasih atas upaya kehadiran para sahabat ansor yang pada kesempatan malam ini berkenang datang walaupun diguyur hujan lebat,mencerminkan bahwa kita benar-benar berjuang menggerakaan syiar agama.serta mengharapkan semua anggota memiliki loyalitas, dedikasi benar-benar berjuang serta memiliki karakter jiwa kesemangatan pantang menyerah demi kepentingan syiar agama…

ketua ansor kahuripan jaya menuturkan bahwa kegiataan ansor ini merupakan kegiataan sosial keagamaan yang berjalan berdasarkan keagamaan,maka dengan diadakan silahturohmi diharapkan akan muncul gagasan baru demi kemajuan serta menjadi organisasi bergerak menyentuh langsung kepada masyarakat dan melestarikan kesemangatan kegiaatan keagamaan.

keseriusan anggota ansor dalam arahan yang diutarakan oleh ketua ansor.(sideka)
Antusias anggota memberikan usulan gagasan.(sideka kampung)

Serta wejangan dari sosok da’i muda lulusan pondok jepara lampung timur menyampaikan bahwa
Nama Ansor ini merupakan hasil gagasan dari KH. Abdul Wahab (ulama besar sekaligus guru besar kaum muda saat itu), yang diambil dari nama kehormatan yang diberikan Nabi Muhammad SAW kepada penduduk Madinah yang telah berjasa dalam perjuangan membela dan menegakkan agama Allah.nilai-nilai dasar Sahabat Ansor, yakni sebagi penolong, pejuang dan bahkan pelopor dalam menyiarkan, menegakkan dan membentengi ajaran Islam. Inilah komitmen awal yang harus dipegang teguh setiap anggota (GP Ansor).
selain itu juga kita hidup berbangsa dan beragama harus memiliki sifat ukhuwah islamiah yang dimana pernah dipesan kan oleh almarhm Kh. Abdurrahman Wahid bahwa Ukhuwah Islamiyah
merupakaan kekuatan iman dan spiritual yang dikaruniakan Allaah kepada hamba- Nya yang beriman dan bertakwa yang menumbuhkan perasaan kasih sayang , persaudaraan , kemuliaan , dan rasa saling percaya terhadap saudara seakidah.semua organisasi lainya maupun saudara yang memiliki beda mazhab ataupun beda imam mereka saudara kita yang perlu kita mulaikan.

Da’i muda memberikan wejangan tentang Ansor.(sideka/foto)

selain itu juga harus memiliki Ukhuwah Wathoniyah Yaitu persaudaraan yang diikat oleh jiwa nasionalisme tanpa membedakan agama, suku, warna kulit, adat istiadat dan budaya dan aspek-aspek yang lainnya. Semua itu perlu untuk dijalin karena kita sama-sama satu bangsa yaitu Indonesia. Mengingat pentingnya menjalin hubungan kebangsaan ini Rosulullah bersabda “Hubbui wathon minal iman”, artinya: Cinta sesama saudara setanah air termasuk sebagian dari iman.
Sebagai seorang muslim, harus berupaya semaksimal mungkin untuk mengaktualisasikan ukhuwah tersebut dalam kehidupan sehari-hari.maka ukhuwah yang harus kita prioritaskan adalah ukhwah Islamiyah, karena ukhuwah ini menyangkut kehidupan dunia dan akherat.
serta menjelaskan beberapa :
VISI
1. Revitialisasi Nilai dan Tradisi
2. Penguatan Sistem Kaderisasi
3. Pemberdayaan Potensi Kader
4. Kemandirian Organisasi

MISI
1. Internalisasi Nilai ASWAJA dan Sifatur Rasul dalam Gerakan GP. Ansor.
2. Membangun Disiplin Organisasi dan Kadersasi bebasis Profesi.
3. Menjadi sentrum lalulintas informasi dan peluang usaha antar kader dengan stakeholder.
4. Mempercepat kemandirian ekonomi kader dan organisasi.

kemudian dari beberapa pembincangan antar anggota ansor merumuskan beberapa poin-poin penting yang menjadikan pokok kegiataan selanjutnya.
yang pertama adalah selalu mengadakan kegiataan keagamaan rutin secara sederhana.
kedua mengusulkan diadakan adanya kegiatan al berzanzi untuk menambahkan kegiatan.
pelaksanaan adaya pendidikan tata cara penyampaikan dalam kegiataan resmi.
mengadakan kegiatan khitanan massal.
mengadakan donor darah suka rela .
serta salah satu poin terpenting nyaitu untuk menjaga kegiataan lebih banyak lagi dan dipertahankan dan dilestarikan…

Aparatur kampung (tengah) memberikan tanggapan terhadap kegiatan ansor.(sideka)

kampung mengapresiasikan kegiatan yang bertujuaan ke hal positif berlandaskan agama yang digerakan oleh pemuda-pemuda ansor.serta kampung siap membantu,melayani dan mendukung kegiatan pemuda ansor.diharapkan kampung mampu memiliki generasi-generasi yang bisa dibangga kan,serta dapat berperan aktif dalam pemerataan pembangunan baik pembangunan fisik maupun non fisik.”kampung akan selalu membantu,melayani dan mengikutkan serta dalam pembangunan pemerataan kampung,Dan sesuai dengan kemampuan kampung berdasarkan koridor aturan yang berlaku” ungkapan salah satu aparatur kampung…

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan