Fenomena Gerhana Bulan Solat Gerhana dan Dhzikir Bersama Kampung Kahuripan Jaya

Kahurianjaya.sideka.| Rabu malam pukul ( 20.00 ) WIB. Masyarakat Kahuripan Jaya Dusun 5, berbondong-bondong menghadiri  acara Di Masjid Al-Ikhlas Kampung Kahuripan Jaya untuk mengikuti solat gerhana dan berzhikir bersama. Acara dihadiri perwakilan aparatur kampung,para kyai,dan warga sekitar.gerhana bulan merupakaan fenomena alam yang terjadiya disebabkan  posisi bulan berada sejajar antara matahari,bumi dan bulan. Acara dhzikir bersama dan solat gerhana merupakaan bentuk rasa syukur atas kebesaraan allah dan mengingat kan kita untuk berserah diri terhadap allah swt.

Acara dhzikir bersama warga untuk mengharapkan fenomena ini dapat memberikan hidayah dan rahmat bagi semua umat manusia.( doc.sideka)

Fenomena gerhana bulan memberikan sebuah arti makna tentang kehidupan untuk selalu mengingat kebesaraan Allah SWT,yang ditujukaan dengan sholat khusuf (solat gerhana),supanya kita sebagai umat muslim untuk mengingat tanda-tanda dan kebesaran Allah SWT sebagai pencipta. Serta mengingat dosa-dosa yang telah dilakukan,bahwa gerhana merupakaan pertanda alam.untuk itu umat muslim diminta untuk berzhikir dan beristigfar kepada Allah SWT. Serta kagum terhadap pesona ciptaan allah dengan mengumandangkan takbir Allahuakbar. serta tidak lupa untuk saling bersosialisasi dengan bersedekah.

Bapak Ali Maksum memberikan mukadimah arti dan makna terjadiya fenomena gerhana bulan secara islam.(tim kreasi|sideka )

Dalam Islam, gerhana bulan atau matahari adalah bentuk keagungan Allah sebagai Maha Pencipta sebagaimana sabda Rasullah SAW dalam sebuah hadits diriwayatkan Bukhari:

ﺍِﻥَّ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲَ ﻭَﺍْﻟﻘَﻤَﺮَ ﻟَﺎ ﻳَﺨْﺴِﻔَﺎﻥِ ﻟِﻤَﻮْﺕِ ﺍَﺣَﺪٍ ﻭَﻟَﺎ ﻟِﺤَﻴَﺎﺗِﻪِ ﻭَﻟﻜِﻨَّﻬُﻤَﺎ ﺁﻳَﺘَﺎﻥِ ﻣِﻦْ ﺁﻳَﺎﺕِ ﺍﻟﻠﻪِ ، ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺭَﺃَﻳْﺘُﻤُﻮﻫُﻤَﺎ ﻓَﺼَﻠُّﻮﺍ

Artinya: “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana tersebut, maka lakukanlah shalat gerhana.” (Shahih Bukhari, 1042).

 

Mengumandangkan doa yang dilantukan oleh salah satu pengurus masjid al-ikhlas.(doc,sideka)

 

Antusias ibu2 dalam menghadiri solat berjamaah dan dhzikir bersama.(doc|sideka)

semoga dengan terjadinya fenomena gerhana bulan malam hari ini dapat memberikan barokah dan dijauhkan marabahaya bagi seluruh umat manusia didunia khususya semua warga kampung kahuripan jaya,semoga allah swt selalu memberikan nikmat, rahmat serta hidayah.”ungkapan pengurus masjid al-ikhlas…

Acara tasyakuran dalam hal bersedekah bersama.(sideka,kahuripanjaya)

 

Antusias ibu-ibu dalam hal silahturohmi dalam rangka solat gerhana bulan,dan memangknai arti dari fenomena gerhana bulan.(sideka.doc|dc )

Dengan adanya fenomena gerhana bulan dengan diselenggarkan kegiatan solat gerhana dan ber dzhikir bersama,semoga kampung kahuripan jaya mendapatkan rahmat dan hidayah,menjadi kampung yang mampu menjadi kampung yang lebih baik kedepan.

 

 

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan