Pemilihan Ketua Rukun Kampung Dusun 5 Bersifat Demokrasi,Jujur dan Transparan

Kahuripanjaya.sideka.id|Demokrasi pemilihan ketua rukun kampung atau (RK), di selengarakan di Dusun 5,kamis 15 Maret 2018. Merupakan pemilihan secara langsung jujur,transparan dan edukatif. Pemilihan ketua RK yang baru dikarenakan pengalihan tugas antara ketua RK yang lama menjadi Staf pemerintahan dibidang pelayanan Publik. calon yang akan menjadi ketua RK harus memiliki etos kinerja yang baik serta dapat menjadi pengayom masyarakat terhadap berbagai permasalahan. Ketua RK merupakan garda pelapis masyarakat untuk menyalurkan aspirasi ataupun usulan-usulan yang menyangkut permasalahan warga.

Calon ketua rukun tetangga berdasarkan nomer urut dari kanan ke kiri 1 sampai 4.(doc.sideka)

Pelaksanan Pemilihaan ketua RK di dusun 5 kampung Kahuripan Jaya, diselenggarakan secara langsung dimana pemilih menentukan pilihan ya berdasarkan nomor yang telah disepakati dan ditulis diselembaran kertas,kemudian dimasukan di tempat yang di sedia kan oleh panitia. Pemilih khususnya warga dusun 5 di sepakati setiap kepala keluarga hanya mewakili satu orang pemilih untuk menyalurkan pilihan sesuai hati nurani. Calon ketua RK dusun 5 berjumlah 4 masing-masing memiliki visi dan misi untuk memajukan kampung dan siap melayani warganya.

Antusias pendaftaran pemilih warga dusun 5 merupakan kepedulian terhadap berdemokrasi untuk memilih ketua RK.(doc.sideka)

Dalam aturan persyaratan menjadi calon ketua RK harus memiliki persyartan :
1. Setia kepada pancasila
2. Berjiwa sosial tinggi
3. Usia 20-42 tahun ( khususya RK paripurna tugas,usia maksimal 50 tahun dan terpilih kembali secara Demokrasi maka bisa diangkat kembali )
4. Sehat jasmani dan rohani
5. Memiliki ijazah ( min SMA )
6. Siap menjalankan tugas,peduli dengan kampung dan warga
7. Bertempat tinggal dilingkungan RK tersebut
8. Memiliki ktp,no hp dan kendaraan
9. Dapat berkerjasama dengan aparatur lainya
10. Siap diberhentikan apabila dikemudian hari tidak bisa menjalankan tugas dengan baik.
Apabila calon tidak sesuai dengan persyaratan maka calon tersebut tidak bisa mengikuti pemilihaan ketua RK setempat.

Memilih calon ketua RK dengan cara menulis diselembaran kertas kemudian memasukan ketempat yang sudah disediakan panitia.(doc.sideka)

Nama-nama calon ketua rukun 4 yang telah dipilih dan menyatakan kesanggupan untuk menjadi bagian dari aparatur pemerintahan nyaitu :
1.saudara Sucipto
2.saudara Sagito
3.saudara Didik Priyono
4.saudara ali Mustopa
Para calon ketua RK ini merupakan hasil dari kesepakatan setiap RT untuk mewakili dan kesanggupan dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing serta mampu berkerja sama dengan aparatur lainnya khususnya para ketua RT dalam dinamika kehidupan bermasyarakat.

Panitia menghitung hasil surat suara yang sah dan berdasarkan jumlah pemilih.(doc.sideka)

 

Dari hasil pemilih berdasarkan jumlah warga setiap RT sebanyak 90 orang kepala keluarga Di Dusun 5 .Presentasi kehadiran mencakup 98% dan yang tidak hadir 2% dikarenakan berbagai halangan.Dari hasil penghitungan suara masing-masing memperoleh :

1. Saudara Sucipto = 20 surat suara

2. Saudara Sagito   = 52 surat suara

3. Saudara Didik priyono = 8 surat suara

4. Saudara Ali mustofa = 3 surat suara

5. Surat suara tidak sah atau rusak = 1surat suara

Hasil penghitungan dan disaksikan oleh beberapa saksi serta panitia menetapkan saudara Sagito menjadi ketua rukun keluarga atau RK berdasarkan suara terbanyak.

“ketua rukun kampung atau RK harus benar-benar memiliki etos kerja yang baik,bersifat bersosilisasi dengan baik,peka terhadap gejolak permasalahan warga dan dapat bekerja sama dengan aparatur yang lain.”ungkapan Seketaris kampung kahuripan jaya…

Keseriusan para panitia dalam menghitung surat suara calon ketua RK.(doc.sideka)

“Siapapun yang terpilih menjadi ketua rukun kampung harus benar-benar memberikan pelayanan terhadap warganya serta cepat tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat, mampu menjadi pengayom warga dan memberikan keputusan yang tepat terhadap berbagai gejolak dinamika kehidupan bermasyarakatan.”pesan ungkapan dari ketua RK yang lama.

Foto bersama panitia pemilihan ketua rukun kampung dan mengucapkan selamat kepada ketua RK yang baru.(doc.sideka)

“tolong siapapun yang menjadi ketua rukun kampung jaga warga masyarakat dusun 5,ciptakan lah suasanan yang damai,asri,nyaman dan tingkatkan lah rasa bergotong-royong demi kemajuan kampung kahuripan jaya.Serta jangan sekali-kali memikirkan upah yang tinggi dikarenakan bekerja dikampung adalah bekerja berdasarkan hati nurani,kemajuan kampung tidak dilihat dari tinggiya upah tetapi kesadaran terhadap kampung ya sendiri demi anak cucu kita kedepan”ungkapan arahan dan pesan dari kepala kampung Bapak. SUTEJO….

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan