Program Pemeriksaan Golongan Darah Gratis Kampung Kahuripan Jaya

Kahuripanjaya.desa.id||kampung kahuripan jaya mengadakan program pengecekan golongan darah gratis yang diselenggarakan di Aula kampung kahuripan jaya,12 September 2018 (08:00) WIB, bersama tim kesehatan dari puskesmas banjar baru. Tujuan dari pengecekan golongan darah,Nyaitu:
A. mengetahui golongan darah.
B. Sebagai bank jenis-jenis golongan darah untuk persiapan bagi warga yang memerlukan.
C. Penjelasan berbagai sifat serta memberikan arahan kesehatan tentang pentingnya golongan darah tersebut.

Para tim kesehatan mengecek golongan darah untuk menentukan jenis golongan darah.(doc,sideka)

Darah adalah cairan tubuh pada manusia mengangkut senyawa penting seperti nutrisi dan oksigen ke dalam sel dan mentranspor produk buangan metabolik dari sel. Darah adalah komponen penting dalam tubuh kita. Jika kita menggores jari kita menggunakan pisau, kita akan melihat jari kita mengeluarkan cairan berwarna merah. “ungkapan pengarahan tentang darah dari tim kesehatan puskesmas banjar baru….

Antusias masyarakat kahuripan jaya ikut hadir dalam pengecekan golongan darah.(doc.sideka)

Darah ini sebenarnya adalah campuran cairan dan sel, dan bahkan terdapat makronutrisi seperti protein dan ion seperti sodium dalam darah ini. Semua komponen ini memainkan peran penting untuk tubuh kita. Selain bertindak sebagai pengangkut senyawa penting untuk tubuh dan membuang produk buangan dari sel, darah juga bertindak melindungi tubuh dari invasi virus atau bakteri dan terhadap kerusakan sel. Sel darah putih, bersama sistem kekebalan tubuh, bertindak sebagai pertahanan organisme dari serangan virus atau bakteri yang menginvasi.

Anak-anak pun tidak luput dari pemeriksaan golongan darah.(doc,sideka)

Fungsi Darah pada Manusia
Darah lebih tebal dari pada air, dan terasa sedikit lengket. Suhu dari darah pada tubuh 38 derajat Celsius, lebih tinggi 1 derajat dari suhu tubuh. Berapa banyak tubuh yang kita punya tergantung dari ukuran dan berat tubuh kita. Seseorang dengan berat 70 kg, memiliki 5 sampai 6 liter darah di tubuhnya. Secara umum.fungsi darah pada manusia dibagi menjadi 3, yaitu:

A.Transportasi
Darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel yang berada di tubuh, yang akan digunakan untuk respirasi seluler/ metabolisme seluler. Karbon dioksida yang diproduksi saat metabolisme dibawa kembali ke paru-paru oleh darah, yang kemudian kita hembuskan keluar saat bernafas.

B.Darah juga menyediakan sel-sel nutrisi, mentranspor hormon-hormon dan membuang produk buangan.
Regulasi
Darah membantu menjaga tubuh dalam keseimbangan. Contohnya, darah membuat suhu tubu terjaga, hal ini dilakukan melalui plasma darah, yang bisa mengabsorbi panas. Ketika pembuluh darah meluas, darah mengalir lebih lambat dan hal ini menyebabkan panas hilang. Ketika suhu lingkungan turun, pembuluh darah bisa mengerut agar kehilangan panas bisa ditekan.

C.Proteksi
Jika pembuluh darah rusak (contohnya jika tangan berdarah), trombosit bertindak sebagai penyumbat dalam area yang terluka, untuk mencegah kehilangan darah lebih lanjut. Selain itu, sel darah putih dan senyawa Messenger lainnya memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh.

“Darah adalah komponen penting pada manusia. Darah berfungsi sebagai pengangkut oksigen untuk digunakan dalam respirasi seluler, sebagai mekanisme sistem imun tubuh, dan sebagai pengatur metabolisme tubuh. Komponen darah terdiri dari plasma, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Masing-masing komponen ini mempunyai fungsi yang bervariasi dalam metabolisme tubuh.”

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan