Program Jambannisasi Dalam Meningkatkan Taraf Kesehatan Masyarakat Kahuripan Jaya

Kahuripanjaya.desa.id|| kesehatan merupakan faktor yang amat penting tanpa terkecuali,kepedulian kampung kahuripan jaya tentang kesehatan,Melalui program yang telah direncanakan untuk meningkatkan taraf kesehatan wargaya. Serta seiring memasuki musim penghujan kesehatan menjadi sorotan utama dalam lingkungan masyarakat. pendekatan komprehensif kepada warga petapa pentingnya arti kesehatan, maka kampung memberikan layanan dalam pembangunan fisik berupa berbaikan atau pembuatan sarana jambanisasi bagi warga yang belum memiliki standars kelayakan jamban.

pekerja membuat lubang untuk pembuangan tinja,sebagai proses awal. (doc.sideka)

Kepedulian kampung dalam program kesehatan kepada warga yang kurang mampu untuk menekan berbagai macam wabah penyakit,meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,perbaikan sarana fisik. Pembangunan merupakan faktor utama sebagai pondasi awal dalam kesehatan warga kampung kahuripan jaya.program ini bertujuan agar masyarakat memiliki tingkat kesadaran dan memahami tentang pentingnya membuang hajat di jamban serta mendidik masyarakat desa tentang kesehatan.

Pengecoran untuk menuputi lubang pembuangan tinja.(doc.sideka)

 

Pemasangan closet dalam perbaikan sanitasi jamban.(doc.sideka)

Dengan penyerapan dana desa program perbaikan jambanisasi bagi warga kurang mampung bertujuan meningkatkan pola hidup sehat.program ini hadir sebagai upaya membantu masyarakat yang belum memiliki jamban yang ada disetiap rumah warga untuk kesehatan makin terjamin. Dalam pelaksanaanya ada tim untuk menyeleksi warga yang berhak mendapatkan pelayanan pembangunan fisik jambanisasi.kemudian warga yang layak akan mendapatkan material berupa komponen-komponen pembuatan jamban. Pelaksanan pengerjaanya melibatkan warga untuk mengerjakan perbaikan jamban serta memberikan lapangan pekerjaan.

Proses akhir dalam pembuatan jamban.(doc.sideka)

Program jambanisasi memiliki tujuan :
1. Untuk mendidik masyarakat desa agar mementingkan kesehatan.
Banyak warga masyarakat yang hidup dalam keluarga yang tidak memiiki sarana sanitasi yang baik sehingga banyak warga membuang hajat di sungai, sawah, maupun ladang serta wc cemplung. Menurut data kesehatan, kotoran manusia mengandung bakteri e-coli yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti diare, disentri, dan penyakit kulit. Sehingga sebelum diadakan program jambanisasi ini, ada kader yang memberikan sosialisasi kepada masyarakat desa tentang budaya hidup sehat.
2. Terciptanya masyarakat yang sadar akan bahaya penyakit yang ditimbulkan
akibat buang air sembarangan.Diharapkan program jambanisasi ini akan memicu kesadaran masyarakat dengan pola hidup sehat yang bisa dimulai dari membuang hajat pada jamban. Dengan sosialisasi yang diberikan berupa peringatan hidup sehat dapat mengubah pola pikir masyarakat untuk tidak membuang hajat sembarangan.
3. Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.
Pemberian bantuan pembangunan jamban ini untuk mengharuskan masyarakat membuang hajat dijamban, dan tidak sembarangan dilakukan. Sehingga dengan berubahnya pola perilaku masyarakat akan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat
4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya masyarakat miskin
atau kurang mampu.Dalam indikator kemiskinan yang dirilis BPS menyebutkan bahwa salah satu indikator kemiskinan adalah tidak adanya sarana pembuangan air besar yang dimiliki rumah tangga seperti rumah tangga lainnya, program ini dimaksudkan dengan pemberian jamban dapat mengurangi indikator kemiskian tersebut. Pemberian jamban ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, dengan masyarakat yang sehat mereka dapat mengakses pekerjaan dan memiliki kesempatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga menjadi sejahtera.

Pengecekan terakhir oleh salah satu pekerja untuk bisa digunakan.(doc.sideka)

 

Gambar bersama warga salah satu bukti keperdulian kampung terhadap masyarakat petapa pentingya kebersihan.(doc.sideka)

“Saya merasa berterimakasih terhadap kepedulia kampung,dalam program kesehatan dengan adaya bantuan perbaikan sanitasi jamban,maka kami bisa merasakan,meningkatkan kesehatan serta saya dan sekeluarga tidak lagi merasa jijik ketika mau BAB” ungkapan warga terhadap pelayanan kampung…

 

Melalui prosesya yang panjang,program jambanisasi telah selesai dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.(doc.sideka)

“Kami berserta jajaran aparatur kampung selalu siap memberikan pelayanan,khususya tentang kesehatan.memasuki musim penghujan program jambanisasi diharapkan dapat meningkat taraf kesehatan,serta menanamkan keperdulian kesehatan,membiasakan buang BAB pada tempatya yang baik,dan diharap kan tahun kedepan akan berjalan lebih baik lagi demi masyarakat yang sehat“ungkapan bapak kepala kampung….

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan